+62 816 4290 580 info@rezzaanggara.com

Pelatihan dan pengembangan SDM mengacu pada serangkaian kegiatan yang memberikan peluang kepada setiap karyawan untuk meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan mereka. Program ini umumnya diberikan baik kepada karyawan yang baru maupun karyawan lama yang mana tujuannya adalah agar setiap karyawan tersebut mampu menghadapi situasi-situasi yang selalu berubah, terutama berkaitan dengan bidang pekerjaan mereka dan juga untuk pengembangan kemampuan intelektual dan kepribadian. Pengembangan SDM sendiri merupakan suatu proses pendidikan jangka panjang yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisir dimana karyawan manajerial mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis untuk mencapai tujuan umum.

Pelatihan dan pengembangan SDM merupakan istilah yang berkaitan dengan usaha berencana, yang diselenggarakan untuk mencapai penguasaan pengetahuan, skill dan sikap-sikap karyawan yang mana program ini juga lebih difokuskan pada peningkatan kemampuan dalam pengambilan keputusan dan memperluas hubungan manusia. Dengan diadakannya program ini diharapkan karyawan menjadi semakin terampil dan mampu untuk melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik dan sesuai standar.

Pelatihan dan Pengembangan SDM sendiri ada banyak sekali macamnya, diantaranya adalah:

Pelatihan dan Pengembangan Keahlian

Ini merupakan pelatihan yang sering di jumpai dalam organisasi. program ini relatif lebih sederhana dimana kebutuhan atau kekuragan diidentifikasi rnelalui penilaian yang jeli.

Pelatihan dan Pengembangan Ulang

Ini adalah subset pelatihan keahilan. Pelatihan ini berupaya memberikan kepada para karyawan keahlian-keahlian yang mereka butuhkan untuk menghadapi tuntutan kerja yang berubah-ubah.

Pelatihan dan Pengembangan Lintas Fungsional

Pelatihan ini melibatkan pelatihan karyawan untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang lainnya selain dan pekerjan yang ditugaskan.

Pelatihan dan Pengembangan Tim

Pelatihan tim merupakan bekerjasarna yang terdiri dari sekelompok Individu untuk menyelesaikan pekerjaan demi tujuan bersama dalam sebuah tim kerja.

Pelatihan dan Pengembangans Kreatifitas

Pelatihan ini berlandaskan pada asumsi hahwa kreativitas yang dapat dipelajari. Tenaga kerja diberikan peluang untuk mengeluarkan gagasan sebebas mungkin yang berdasar pada penilaian rasional mereka.

Sebelum pelatihan dapat diselenggarakan, kabutuhan akan pelatihan dan pengembangan ini harus dianalisis terlebih dahulu, diantaranya adalah penilaian kebutuhan pelatihan, penilaian kebutuhan perusahaan, penilaian kebutuhan tugas, penilaian kebutuhan karyawan dan perumusan tujuan pelatihan.

Pelaksanaan Pelatih dan Pengembangan SDM hanya dapat berjalan apabila terpenuhi syarat-syarat, terutama sekali pelatih atau instruktur dari program itu sendiri. Seorang instruktur pelatihan dan pengembangan sdm harus memiliki syarat- syarat tertentu agar supaya bisa berhasil dalam melakukan pengembangan terhadap karyawan. Beberapa syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang instruktur diantaranya adalah:

Teaching Skills

Seorang instruktur harus mempunyai kecakapan intuk mendidik, mengajarkan, membimbingkan, memberi petunjuk dan mentransfer pengetahuannya kepada peserta pengembangan.

Comunications skills

Seorang instruktur harus mempunyai kecakapan komunikasi baik dan efektif, baik itu secara lisan maupun tulisan. Ini bisa dilihat dari suaranya yang jelas, tulisannya baik dan kata-kata yang disampaikan mudah untuk dipahami oleh para peserta pengembangan

Personality authority

Seorang instruktur harus memiliki kewibawaan terhadap peserta pengembangan dimana Ia harus berperilaku baik, bersifat baik dan kepribadiannya juga harus disenangi serta kecakapannya diakui

Social skills

Seorang instruktur harus mempunyai kemahiran dalam bidang sosial. Ia memiliki sifat yang suka menolong dan obyektif

Technical competent

Seorang instruktur harus berkemampuan teknis, kecakapan teoritis dan tangkas dalam mengambil suatu keputussan

Stabilitas esmosi

Seorang instruktur tidak boleh berprasangka jelek terhadap pada peserta didiknya, tidak boleh emosional atau cepat marah, keterbukaan, tidak pendendam dan mampu untuk memberi nilai yang objektif

 

Call

Hi, Klik kontak dibawah untuk memulai chat melalui WhatsApp

Chat melalui WhatsApp